Kolaborasi Ujian Praktek

Tanggal 20 sampai dengan 23 Febuari 2023 pelaksanaan ujian praktek kelas IX di SMPN 27 Malang.

Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan selanjutnya disebut Ujian S/M/PK adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/ madrasah/ penyelenggara program pendidikan kesetaraan untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam rangka pemenuhan standar nasional pendidikan khususnya standar penilaian maka sekolah diwajibkan melaksanakan/ mengikuti Ujian Sekolah. SMP Negeri 27 Malang melaksanakan Ujian Sekolah disesuaikan dengan aturan yang ada. Guna menjamin kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Ujian Sekolah maka perlu direncanakan dan diprogramkan secara cermat.

Tujuan Kegiatan ujian praktek ; Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini antara lain :

1. Alat penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
2. Alat ukur mutu pendidikan sebagai kemampuan lulusan secara individual sekolah/ madrasah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasioanal
3.Alat ukur yang memberkkan gambaran tentang pemetaan mutu pendidikan dan pemetaan kemampuan lulusan antar jenis satuan pendidikan dan antar wilayah dari waktu ke waktu.
4. Umpan balik pengembangan kurikulum dan untuk pengambilan kebijakan pendidikan mulai dari tingkat sekolah/ madrasah, sampai ke tingkat pusat.
5. Masukan bagi guru dan penyelenggara pendidikan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat, agar dapat mengevaluasi hasil pendidikan nasional.
6. Bahan pertimbangan penentuan kelulusan peserta ujian serta akreditasi satuan pendidikan.
Peserta Kegiatan
 Seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 27 Malang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdaftar dalam presensi dan dinyatakan masih aktif sejumlah 119 peserta didik.
Kolaborasi pelaksanaan ujian praktek menjadi kelompok A,B,C,D.
Dalam pelaksanaan awalnya nya masing masing kelompok menyusun proposal kegiatan.
Dalam penilaianpun ada kolaborasi semisal kelompok B terdiri mata pelajaran IPS,BHS Indonesia dan Prakarya, membuat rubrik penilaian beda namun dari satu produk yang dinilai.
Kelompok B ujian praktek kali ini dengan tema ekonomi kreatif dalam pemanfaatan limbah sampah plastik. Sampah plastik yang diperoleh dari limbah sampah plastik rumah tempat tinggal siswa, dan limbah sampah plastik yang ditemui di sekolah. Aksi ini sangat membantu dan menunjang kegiatan Adiwiyata SMPN 27 Malang. Tujuan tema di kelompok B ini menanamkan jiwa peduli lingkungan dimanapun siswa berada, serta menumbuhkan jiwa wirausaha kreatif.
Dengan aksi kolaborasi ujian praktek ini menjadi wujud nyata implementasi kurikulum merdeka di SMPN 27 Malang.
Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.
Suyati Wibowo_23-2-2023

 

 

Pelaksanaan Ujian sekolah secara umm dibedakan atas ujian sekolah praktik dan ujian sekolah tulis. Pelaksanaan ujian sekolah praktik dilaksanakan secara tematik. Adapun pelaksanaan ujian sekolah tulis dilaksanakan sebagai evaluasi pencapaian kompetensi dalam pelaksanaan KBM selama menempuh pendidikan di jenjang sekolah menengah pertama.

Waktu dan pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana terjadwal disesuaikan dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia Ujian Sekolah. Adapun tempat kegiatan berada di SMP Negeri 27 Malang.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Kolaborasi Ujian Praktek
Tanggal 20 sampai dengan 23 Febuari 2023 pelaksanaan ujian pra...
SAHABAT PESAWAT
SAHABAT PESAWAT Mata Pelajaran/Kelas     : IPS/ IX Guru Suyati...
MENGUBAH SAMPAH ORGANIK MENJADI ...
MEDIA  PEMBELAJARAN :  AKSI ASIK LIMBAH DAUN KERING MATA PELAJ...
EXTERMINATE TRASH DAY
Hari Peduli Sampah Nasional merupakan peringatan penting untuk...
Cara Menyusun Rencana Masa Depan...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pelle...
Lulusan IT Lulusan paling dicari
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pelle...

Hubungi kami di : 0341 3022362

Kirim email ke kamismpnegeri27malang@gmail.com